selaput dara robekSelaput Dara Robek

Selaput dara robek dikarenakan hymen tipis yang mengelilingi bagian dalam organ kewanitaan. Hymen (selaput dara) berada antara bagian dalam dan bagian luar organ kewanitaan.

Tingkat elastisitas dari selaput dara setiap wanita berbeda-beda. ada yang  terlihat tanda robeknya selaput dara hanya karena gesekan dan lainnya.  Akan tetapi, sebagian terdapat juga yang berkali-kali melakukan hubungan badan namun tetap dalam kondisi utuh serta baru akan robek saat melahirkan.

Maka dari itulah pada saat pertama kali melakukan hubungan intim wanita tidak selalu  mengeluarkan darah.

Banyak pendapat dikalangan masyarakat yang mengganggap, wanita dengan selaput dara yang telah robek sudah tidak perawan lagi dan sudah melakukan hubungan seksual.

Sehingga untuk memastikan utuh atau tidaknya selaput dara, sering dilakukan pemeriksaan yang disebut tes keperawanan. Perubahan bentuk dari selaput dara (hyemen) memang dapat terjadi dengan bertambahnya usia.

Selaput dara wanita akan terjadi perubahan pada saat wanita memasuki masa remaja (pubertas). Tak hanya perubahan bentuk, elastisitas selaput dara juga akan mengalami perubahan. Setelah masa remaja, selaput dara (hyemen) akan menjadi elastis.

Pada saat dewasa, selaput dara (hymen) menjadi lebih tebal dibandingkan remaja. Terjadinya perubahan pada selaput dara tersebut dipengaruhi oleh adanya perubahan hormon wanita, termasuk hormon estrogen.

Jenis selaput dara robek juga beragam. Selaput dara yang banyak memiliki pembuluh darah, otomatis ketika hubungan seksual akan robek dan  terjadi perdarahan cukup banyak.

Sebaliknya, jika selaput dara hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki sama sekali pembuluh darah, ketika hubungan seksual dan robek tidak akan berdarah. Penyebab lain bila hubungan seksual tidak berdarah padahal selaput dara utuh yaitu Jika wanita merasa nyaman dan menikmati, vagina akan rileks dan mengeluarkan lubrikasi yang cukup.

Sehingga, gesekan penis tak melukai selaput dara, dan hal ini tidak akan mempengaruhi pendarahan. Selaput dara (hymen)  dapat dilihat menggunakan cermin, ketika merentangkan bibir vagina/labia. Untuk itu wanita perlu berhati-hati karena selaput dara bisa robek karena berbagai banyak faktor penyebabnya:

  1. Penetrasi yaitu masuknya penis ke dalam vagina saat berhubungan seksual
  2. Olahraga: Berkuda, bersepeda
  3. Masturbasi menggunakan alat bantu seks, penggunaan tampon
  4. Tindakan medis tertentu yang memang urgen yang menyebabkan selaput dara robek
  5. Pada anak-anak dan remaja, selaput dara yang robek akibat cedera/trauma fisik masih dapat pulih dengan cepat dibandingkan orang dewasa

Selaput Dara Robek Pada Wanita Untuk Pertama Kali

Tentunya anda mengetahui dengan mudah ketika usai promo operasi selaput dara robek ketika berhubungan badan untuk pertama kali. Beberapa tandanya yang bisa anda lihat pada wanita adalah:

  1. Rasa sakit yang luar biasa pada kemaluan wanita. Tanda yang seperti ini memang terbilang belum tentu menjadi acuan, karena tidak semua wanita mengalami rasa sakit yang luar biasa. Kebanyakan dari wanita yang merasakan rasa sakit ini ketika wanita tersebut tidak merasa rileks ketika berhubungan badan, dan pertama kali menerima penetrasi dari pria. Rasa sakit ini disebabkan oleh robek-nya selaput dara yang selama ini memang tertutup rapat.
  2. Tanda selanjutnya yang bisa diketahui dari selaput dara robek adalah dengan munculnya darah yang menandakan bahwa selaput dara-nya memang benar benar robek. Munculnya darah ini tidak serta merta memang ada, ada juga wanita yang tidak mengalami keluarnya darah di kemaluan, walau untuk pertama kali melakukan hubungan badan. Hal ini dikarenakan darah yang ada terbilang sedikit, dan memang tidak terlihat muncul pada kemaluan wanita

Tanda Selaput Dara Robek Yang Pertama

Sudah dijelaskan sebelumnya yang bahwa selaput dara mengelilingi seluruh bagian dalam organ kewanitaan. Hymen berada diantara bagian dan luar organ kewanitaan.

Maka dari itu  tidak akan ada hal yang bisa masuk ke dalam organ kewanitaan itu sebelum menembus bagian selaput dara ini berdasarkan medis klinik pandawa. Tanda selaput dara yang sudah robek adalah saat melakukan hubungan intim menjadi lebih mudah dan tidak ada yang menghalangi.

Tentu saja berbeda dengan wanita yang belum pernah berhubungan intim sama sekali. Pada umumnya kalangan wanita yang belum pernah sama sekali dalam melakukan hubungan intim.

Pastinya ketika saat hendak melakukan hubungan intim untuk melakukan pertama kalinya prosesnya sangat sulit karena selaput dara itu yang menghalangi dan akan menjadi sulit untuk melakukan hubungan intim sampai penis dapat menembus selaput dara (hymen).

Wanita yang belum pernah melakukan hubungan intim merasakan sakit pada saat selaput dara (hymen) didorong dari bagian luar dan kedalam yang akhirnya robek. Jadi salah satu contoh tanda selaput dara yang sudah robek adalah pada saat melakukan hubungan intim bisa lebih mudah tanpa ada penghalang.

Tanda Selaput Dara Robek Yang Kedua

Tanda kedua yang bisa dijadikan contoh adalah dari selaput dara (hymen) yang sudah robek keluar darah dari bagian dalam organ kewanitaan.

Keluarnya darah saat hubungan seks pertama kali tidak bisa dijadikan anggapan masih perawan, bahwa selaput dara yang sudah robek pada dan tidak mengeluarkan darah disebut tidak perawan.

Bila saat anda masih kecil  anda pernah terjatuh dari sepeda atau trauma lainnya pada saat anda terjatuh bisa jadi anda memang sudah tanpa sengaja merobek bagian dalam daerah kewanitaan anda yang berkaitan dengan selaput dara wanita dianjurkan bila bergerak selalu berhati-hati agar tidak merobek selaput daranya tanpa sengaja.